Yolody's Room

Thursday, October 1, 2009

Apa arti Merdeka?


Beberapa bulan yang lalu, ada seseorang yang memberitahuku sesuatu yang membuatku merasa ada harapan. Kupegang kata-kata itu sampai kemarin. Setelah seseorang itu mengeryitkan dahinya, seolah tidak pernah mengucapkan hal itu.

Hanya dengan sepercik kalimat "Oh kalau saya pernah bicara, berarti saya salah ngomong. Kalau begitu saya tarik kata-kata saya", ia menentukan nasib saya, dan meruntuhkan segala harapan yang kujaga selama ini.

Saya hanya menelan pahit kata-kata itu, dan setengah tertawa di dalam hati. Apakah ia tidak pernah tahu ada seorang pakar komunikasi yang mengatakan bahwa kata-kata yang telah diucapkan tidak bisa ditarik? itulah salah satu prinsip komunikasi.

Lantas kenapa orang yang tidak paham betul mengenai komunikasi dengan sesama, bisa menjadi seorang pemimpin?

Apakah sistem kasta masih berlaku di negri ini, di mana seorang dari kasta lebih rendah tidak bisa membalikan kata-kata kepada kasta di atas?

Kalau begitu, apa arti merdeka?

No comments: