Yolody's Room

Wednesday, February 8, 2012

Home Sweet Home



Home Sweet Home


Untuk pasangan muda, memilih rumah berserta furniture sebagai isinya memiliki kesenangan sendiri. Selain berdiskusi dengan keluarga untuk menyesuaikan selera dekorasi Anda, juga harus mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

Living room

Ruang tamu adalah salah satu ‘jantung’ rumah, di mana menjadi tempat bersantai dan berbincang dengan kelaurga maupun menjamu tamu Anda. Ciptakan suasana senyaman mungkin dengan paduan furnitur yang sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Menurut Gregorius Supie Yolodi, arsitek dari Design Associate, hal yang harus diperhatikan pertama kali adalah ukuran ruangan dan dimensinya. Kesalahan umum yang sering dilakukan adalah tidak mengukur dengan pasti luas ruangan, jadi salah memilih ketika berada di toko perkakas. Langkah selanjutnya baru memilih model furniture apa yang sesuai.


Sofa, misalnya. Jumlah sofa tidak harus terpaku pada aturan kaku, misalnya 3-seater sofa, 2-seater, dan 1-seater. Anda cukup memiliki 3-seater sofa dan 1-seater. Mengenai warna, permainan tabrak warna (color blocking) juga berlaku untuk furniture. Ruang tamu akan lebih beraksen bila salah satu sofa Anda berwarna krem dengan bantal berwarna ungu, dan sofa lainnya juga berwarna ungu. Selain itu, rug atau karpet yang diletakkan di bawah sofa dan meja juga berperan penting, gunanya untuk membatasi area ruang tamu dengan gaya yang chic.


Bedroom

Tempat Anda beristirahat setelah beraktivitas seharian dan menjadi tempat Anda melakukan hobi sebaiknya dibuat rileks dan personal. Menurut Supie, kelengkapan kamar yang harus terpenuhi untuk perempuan adalah wardrobe dan meja rias. Model dan desain furnitur dalam ruang tidur usahakan senada, tapi tak ada salahnya juga bila sedikit bermain warna dan bentuk. Meja rias mungil bergaya vintage yang dilengkapi cermin dan laci bisa mempercantik suasana ruang wardrobe.



Kemudian, Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan ketika sebelum tidur dan setelah bangun. Apakah Anda suka membaca buku atau minum air putih? Letakkan meja kacil atau nakas di sisi tempat tidur Anda. Perhatikan lighting di area membaca dan kamar secara keseluruhan. Bila perlu, tambahkan lampu baca bergaya antik di atas nakas tersebut.


Dining Room

Sebaiknya Anda mempertimbangkan multifungsi dari sebuah ruang makan, apalagi bila rumah Anda bergaya minimalis. Selain untuk makan, ruang makan bisa digunakan untuk rapat, belajar, atau mengobrol santai dengan lebih intim. Hal yang penting adalah kenyamanan kursi, pilih tekstur yang nyaman dan model yang sesuai. Kursi jenis accupuncto bisa menjadi salah satu pertimbangan yang bisa dipilih untuk kursi makan di rumah bergaya minimalis.


Pemilihan kursi tidak terpaku pada jenis tertentu, hanya saja harus dipilih yang bersifat ergonomis, yaitu bisa menyesuaikan bentuk tubuh ketika duduk agar tidak membuat letih. Apabila Anda menginginkan nuansa mewah, pemilihan furnitur klasik moderen dengan meja kayu berbentuk bulat dengan kursi empuk berukuran agak besar bisa menjadi pilihan. Namun, tetap perhatikan ukuran ruang makan, jangan sampai ukuran meja dan kursi menghabiskan seluruh tempat. Selain itu, pencahayaan yang cukup terang juga menjadi krusial.



Tips cerdas belanja furnitur

  • Hitung dengan rinci budget yang Anda miliki untuk furniture baru. Pertimbangkan dengan baik apa Anda benar-benar membutuhkan furniture baru untuk menggantikan yang lama?
  • Lakukan survey harga di berbagai toko furnitur supaya tidak terkecoh dengan promosi diskon semata.
  • Bila Anda membeli furniture kayu, berikan pelapis kayu yang tepat sesuai kebutuhan. Politur, melamine, polyerethan, cat duco, veneer, laminate, tacon, atau PVC? Anda bisa tanyakan dengan konsultan di toko perkakas.
  • Perhatikan bahan material sofa. Bahan kulit cocok untuk ruangan ber-AC, sedangkan microfiber bisa menyesuaikan dengan udara panas dan harganya terjangkau.
  • Cek kualitas sofa. Bila tingkat kekenyalannya rendah dan menggunakan busa campuran, akan membuat posisi duduk tidak nyaman.
  • Secara keseluruhan, Anda bisa mengkombinasikan gaya modern country furniture dengan vintage, atau gaya mid-modern furniture dengan Japanese style.


Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Anda sekeluarga, dan selamat berburu furnitur!



--Faye Yolody

Photo Source: www.kagozi.com


(Dimuat di Harian Media Indonesia 16.12.11/Katalog Belanja)

No comments: