Yolody's Room

Wednesday, February 8, 2012

Ajari Anak Belanja Bijak


Ajari Anak Belanja Bijak


Setiap anak memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Orang tua perlu mengetahui apa saja yang buah hati Anda butuhkan. Ketahuilah, kebiasaan belanja yang Anda lakukan bisa menular pada sang anak. Karenanya, perhatikan beberapa hal berikut supaya di samping kebutuhan terpenuhi, anak Anda juga berlatih bertanggung jawab.


Dos:

  • Sebelum memasuki Taman Kanak-kanak, ajarkan pada anak untuk membedakan kebutuhan dan keinginan. Misalnya, ajak dia menentukan prioritas dalam belanja, antara makanan atau mainan.
  • Memasuki usia sekolah, ajarkan anak menabung semenjak dini dan mengatur uang jajannya per minggu. Apabila uangnya habis sebelum waktunya, ajak dia berpikir mencari jalan keluar, misalnya membawa makanan dan minuman dari rumah atau absen belanja sampai akhir pekan.
  • Ketika anak beranjak remaja, tentu ingin memiliki kamar tidur pribadi untuk melakukan hal-hal yang disukainya. Ajak dia berdiskusi apa saja yang ia butuhkan, lalu carilah furnitur bersama-sama. Pilihlah laci, meja, atau kursi yang mudah dibersihkan dan tidak menyimpan debu.
  • Berikan penjelasan soal iklan TV. Ajari anak untuk tidak mudah tergoda dalam melihat produk dan pengetahuan di dalam iklan, serta diskusikan baik-buruknya iklan tersebut.
  • Sekali-kali, ajak anak Anda mencuci mata ke mal tanpa membeli apapun. Berikan pengertian bahwa berjalan-jalan bukan berarti harus menghamburkan uang untuk berbelanja.


Don’ts:

  • Mendudukkan anak Anda di troli di sebuah supermarket, sementara Anda sedang seru berbelanja tanpa mengawasi anak Anda setiap saat.
  • Ketika Anda mengajarkan anak untuk berhemat dan melarangnya membeli barang yang tak dibutuhkan, justru Anda menghambur-hamburkan uang belanja untuk membeli baju, majalah, DVD, sepatu, dan sebagainya.
  • Menghadiahi uang setiap kali anak Anda mendapat nilai bagus. Hati-hati, jangan sampai ia salah menangkap motivasi: supaya mendapat uang dari Anda.
  • Terperangkap dengan diskon pada sepatu untuk anak, padahal baru seminggu lalu Anda membeli dua pasang sepatu baru untuknya.
  • Mengalah pada rengekan anak. Apabila Anda ‘menyerah’ saat anak Anda merengek-rengek untuk minta diajak ke mal atau meminta barang dengan memenuhi keinginannya, maka kebiasaan itu akan menempel di dirinya.



Yuk, intip bagaimana gaya selebriti-selebriti Hollywood ini ketika berbelanja untuk anak-anaknya.

Katie Holmes & Suri Cruise

Sasangan selebriti Katie Holmes dan Tom Cruise menggandeng desainer dunia seperti Mark Jacobs dan Christian Loubotin untuk mendesain sepatu khusus milik puterinya, Suri Cruise. Anak perempuan berusia empat tahun ini memiliki koleksi sepatu senilai $200.000, dan seringkali menjadi stylist pribadi orang tuanya. “Suri sering menyuruh saya memakai sepatu tertentu dan memilihkan baju untuk Tom. Ia punya selera fesyen yang bagus,” ungkap Katie. Selain belanja fesyen, Katie dan Suri seringkali tertangkap kamera paparazzi dengan troli penuh barang belanjaan seperti bunga, buku-buku, dan makanan.


Victoria Beckham and Kids

Ketika sang suami, David Beckham pergi ke luar kota untuk memenuhi kewajibannya sebagai pemain sepak bola, Victoria senang menghabiskan waktu bersama anak-anaknya, Brooklyn, Romeo, Cruz, dan bayi perempuannya, Harper Seven. Victoria mengantarkan anak-anak lelakinya pergi ke gym, lalu mengajak Harper yang baru berusia beberapa minggu di dalam gendongannya untuk berbelanja fesyen. Jadi, keluar masuk butik Prada merupakan hal yang biasa untuk Harper. Bahkan, bulan September lalu, Victoria membawa dirinya ke acara Mercedes-Benz New York Fashion Week. Bisa dibilang, destinasi fesyen merupakan perkenalan dunia pada Harper semenjak kelahirannya.

Madonna and Lourdes

Pasangan ibu-anak, Madonna dan Lourdes tampak sangat dekat seperti teman. Cara berpakaian Madonna yang sangat fashionable menjadi panutan Lourdes, dan mereka berkolaborasi dalam menjalankan clothing line milik Lourdes, Material Girl. Karena bentuk tubuh mereka yang sama-sama ramping, tak jarang Madonna meminjam dan memakai baju-baju milik Lourdes yang masih remaja itu.


Angelina Jolie, Brad Pitt & Six Kids!

Bagi Angie, Brad Pitt, dan keenam anaknya, belanja bahan-bahan makanan di akhir pekan adalah surga. Maddox (9), Zahara (6), Pax (7), Shiloh (4), serta si kembar Vivienne dan Knox (2) bersama kedua orang tuanya gemar berjalan kaki ke pusat perbelanjaan, semisal di Verti Marte Deli, New Orleans. Malamnya, mereka memasak bersama di rumah, dan adalah anak yang paling jago memasak, bahkan dibandingkan dengan Angie. Selain belanja makanan, pemeran utama film Tomb Rider ini juga suka membawa semua anaknya belanja mainan dan mengawasi mereka ketika bermain.


--Faye Yolody
(Dimuat di Harian Media Indonesia 25.11.11/Katalog Belanja)

***

No comments: