Yolody's Room

Sunday, November 1, 2009

Hobby Class-- PERFUME





Minggu, 1 Novermber 2009
13.00 pm

" A Woman who doesn't wear perfume has no future " - Coco Channel

Kelas Hobby-Parfum diadakan oleh tim Professional Muda BDI di Jalan padang. Lumayan banyak yang datang, sampai ruangan Istana Joju Gohonzon terasa sedikit sesak, dan moderator dua kali menyuruh untuk duduk majuan lagi, biar yang telat-telat dateng masih bisa masuk.

Dosennya asli di-import dari India, namanya Ms PRITI MODY. Kelas dimulai dengan dia menjelaskan bagaimana sejarah parfum pada awalnya. Dan gue baru tau kalau PERFUME itu berasal dari kata PER; melalui, dan FUME; asap. Jadi, parfum itu awalnya berasal dari Mesir ketika orang-orang membakar kayu dan asapnya mengeluarkan wangi.

Selanjutnya kelas praktek, di mana kita dibagikan tester enam tester parfum dan kita harus menebak masing-masing parfum itu buat male atau female beserta alasannya. Dari enam, gue berhasil menjawab tiga yang benar tapi alasannya nggak ada yang benar. (bisa dilihat di foto di atas)hehe.. Lumayan tuh, kalo jawaban kita yang paling Ms Pritty suka, bisa dikasih sample parfum sebotol kecil.

Terakhir, beberapa slot sesi tanya jawab dijabani dengan seru. Ternyata, banyak yang punya keraguan dan pertanyaan mengenai parfum (bukan cuma dianggap benda yang bisa menyemprot essens bunga-bungaan)

Jadi, selama kelas kurang lebih 2.5jam, kesimpulan yang gue ambil adalah:
1. Parfum jangan diseprot di baju! (karena bisa merusak bahan), tapi semprotlah di titik-titik nadi kita; belakang kuping, leher dan kedua nadi tangan. Jadi nggak perlu lagi deh nyemprot ke setiap centi tubuh kita, pakai adegan berputar segala. Itu cuma bikin parfum kita cepat habis

2.Jangan pernah menggosok kedua nadi tangan kita (biar parfumnya irit), karena itu membuat wangi parfum tidak tahan lama.

3. Parfum itu ada kandungan alkoholnya yang berfungsi untuk menyebarkan wangi dan menguapkan minyak parfumnya supaya tidak mengendap di kulit. (kalau mengendap, kulit kita bisa lengket dan wanginya tidak menyebar. Jadi kalo mau nyium wanginya harus nempelin hidung ke kulit. Kampung banget kan?)

4. Eau de PArfum --> kandungan inti fragrance-nya berkisar 25-40%, sisanya alkohol (maka itu jenis ini paling mahal)
Eau de Toilette --> kandungan inti fragrance-nya sekitar 15%
Cologne --> kandungan fragrancenya 0.2-2%. Seringkali ditambah air. (jadi inget minyak nyong-nyong yang suka dipakai apak-apak di kopaja. Behh.. )

5. Jangan pernah membeli parfum di tempat isi ulang (di pinggir-pinggir jalan, yang penjualnya biasanya brewokan lebat abis plus pakai sorban di kepala).Tapi kalau memang kepepet beli di tempat refill (misalnya: mau pacaran nanti malam tapi parno takut badan bau), bilang penjualnya pilih yang campuran bahannya alkohol, jangan ETANOL.

6. Usahakan juga tidak membeli parfum di plaza-plaza dengan harga 50 ribuan. Ciri-ciri pertama: segala jenis parfum ditumpuk di sebuah box transparan super gede. Ciri-ciri kedua: mbak-mbak penjualnya kalau ditanya: 'mbak, ini asli gak?', pasti jawabnya: 'oh, asli, cuma ini di-reject aja karena cacat dikit, kayak gini..' (sambil nunjukin kemasan parfum yang robek). Ciri-ciri ketiga:mbak-mbaknya saling melempar parfumnya kalau ada calon pembeli yang mau lihat. seperti ini:
Pembeli : Mbak, lihat parfum Victoria Beckham yang di ujung itu dong.
Mbak A : Mbak B, tolong dong ambilin parfum Victoria Beckham yang di deket kamu.
MBak B : Nih, tangkap ya! (melempar kayak masukin bola basket ke ring)
Mbak A : (parfum nemplok ke jidatnya). Hepp! Nih mbak, parfum yang mbak minta.

Nah, kalo lihat counter dengan ciri-ciri di atas, cepat jauhi deh ya!

7. Untuk menyaring essens bunga, dibutuhkan SATU TON bunga untuk mendapatkan 1 KG sari bunga! (bisa dibanangkan, kasihan bunga-bunga cantik dan wangi diperas habis. Bukan begitu?)

8. BEretiketlah dengan parfummu! Jangan sampai wangi dari tubuh kita menyengat dan membuat orang lain pusing, apalagi kalau meeting di kantor. Percayalah, itu sangat membuat orang menderita! (iyalah, harus mencoba tetap konsen ke agenda meeting, dan nggak bisa bergerak banyak-banyak, plus ditambah bau yang menusuk)


Sekian kesimpulannya sementar, nanti kalau gue misalnya lagi pup, terus keinget kesimpulan lain, pasti habis selesai pup gue langsung tambahin :)

2 comments:

pelangi anak said...

HALLOUW SALAM KENAL YAH...
HAPPY BIRTHDAY BUAT-NYA...
BTW, SEMOGA KUNJUNGAN PERDANA SAYA INI AKAN MEMBUAT JEJARING MAYA KITA LEBIH LUAS, SEHINGGA MEMUNGKINKAN KITA BISA SALING BERBAGI PENGALAMAN DAN PENGETAHUAN BARU, SEHINGGA MEMBUAT KIKA LEBIH 'DONG' DAN MELEK INFORMASI BARU HE...HE..HE...HAVE A GREAT DAY FRIEND!

Laurenzia said...

pai, kenapa ga boleh pake etanol?? etanol kan sejenis alkohol..

"A Woman who doesn't wear perfume has no future" --> tukang jual parfum emank pinter promosi nya.. haaha.