Yolody's Room

Wednesday, January 16, 2008

BEGGER'S INOVASION


Gila, sekarang para pengemis udah melakukan inovasi baru lagi. "Makin keliatan (sok) sangar, makin banyak duit diraih". Gue rasa itu motto kepala pengemis yang diberlakukan terhadap para anak buahnya itu. Mungkin mereka setiap pagi melakukan senam wajah seram, dimaksudkan untuk melatih gimana mereka kalau berhadapan sama para penumpang bis yang keliatannya bawa banyak duit tapi pelit setengah mati, terutama wanita.

ini terjadi saat gue dalam perjalanan menuju kantor, tepatnya dalam kopaja 88. seorang cowok berambut kusam, berbaju rombeng dan berkulit dekil masuk bis dengan tampang sangar. dia mulai berpidato begini "Para penumpang! saya kesini untuk jujur! saya tidak mau mencopet! saya tak mau merampok! saya cuma minta sedikit uang dari para penumpang. Sebelumnya, saya akan membawakan satu buah puisi... yang berjudul... NGILER!!"\\

Saya tidak ngiler dengan kamre dan handphone anda
saya tidak ngiler dengan harta benda anda
Saya tidak ngiler dengan uang anda yang bear
Tapi saya hanya ngiler dengan uang receh anda
(dalam hati gue mikir'gila munafik amat nih orang')

dan puisi masih berlanjut..

Saya akan mendoakan anda kepada Allah SWT
Agar anda semua selamat sampai tujuan

"begitulah puisi saya, dan saya akan mulai meminta uang ada dari depan sampai bangku belakang"

Pas itu gue ada di bangku belakang, gue liatin gimana cara dia minta (baca: malak) para penumpang. Dia ngeluarin kantong kresek seitem kulitnya itu dan menghampiri penumpang satu-persatu.
Sebagian penumpang mungkin merasa takut, terlihat dari kecepatan dan inisiatif mereka nyiapin uang recehan. Trus, kalo ada penumpang yang nggak mau ngasih, si sok sangar menyenggol-nyenggol tangan penumpang dengan senjatanya (kantongnya mksudnya) itu.

akhirnya sampailah dia di depan gue yang lagi memeluk tas. Dengan (sok) sopan gue menunduk, trus dia nyenggol gue, gue menunduk lagi.. dan.. he's gone!!! yess!!!

buat gue, kalo semakin banyak penumpang yang ngasih duit, semakin yakin dia kalo berhasil dapet duit dengan membuat penumpang takut. Enakk aja!!
setelah itu, gue beberapa kali berjodoh sama dia di bis yang sama,, dan gue cuma berpikir "yah,, ni orang lagi..."

No comments: