Yolody's Room

Tuesday, July 17, 2012

ACCESSIBLE HEAVEN ON EARTH


HKSummerSpectacular

Selama ini saya menjelajah Hong Kong melalui lembaran-lembaran buku, televisi, dan internet. Kehidupan saya sebagai jurnalis juga memberikan kesempatan lebih untuk merasakan  keindahan Hong Kong, surga yang berlokasi di bumi, dari hasil mengobrol dengan sejumlah traveler. Kesimpulan yang saya dapat dari mereka yang pernah menjejakkan kakinya di Hong Kong—dengan tujuan wisata ataupun tinggal, Hong Kong merupakan tempat indah yang menyenangkan. Coba, siapa yang berani menolak kalau punya kesempatan terbang ke sana? Maka saya tak segan menamainya sebagai accessible heaven on earth.
                 
Berinti dari kemolekan ragam budaya—yang seringkali tampak mistis, serta segala rupa warna-warni yang ada di Hong Kong, ada banyak sekali daya tarik Hong Kong yang harus dijabarkan. Sehingga, semua orang di dunia bisa merasakan sendiri betapa serunya berada di Asia’s World City ini, seperti yang diceritakan para traveler itu kepada saya.

 

Incredible cultures

Tak pernah tahun berlalu tanpa festival dan perhelatan budaya yang digarap serius oleh Hong Kong. Sebut saja, Winter Fest yang diadakan setiap akhir tahun. Di sini, sosok Santa Claus dari Barat dihadirkan untuk melakukan berbagai atraksi khas negara Timur. Lainnya, ada Dragon Boat Carnival yang diadakan ketika musim panas tiba. Dragon Boat buat saya adalah kompetisi olahraga yang seksi, karena para pendayung berteriak bersemangat seakan sedang berpesta dengan adrenalin yang tinggi. Bentuk perahunya sendiri sangat unik dan kerap dijadikan inspirasi oleh para seniman di seluruh penjuru dunia.

Sementara itu, Hong Kong memiliki Top 10 Attractions yang sangat menggoda. Di antaranya Avenue of Stars, yang dikelilingi pemandangan indah harbour tower dan cap tangan para artis di bawah pijakan kaki kita. The Big Buddha and Po Lin Monastery yang ditandai dengan sebuah patung Buddha berukuran besar dan kecantikan Lantau Island

 

 

Fabulous hopping experience

 Tak dipungkiri, berbelanja tak lagi menjadi hiburan belaka, tapi juga pemenuh kebutuhan yang penting. Perempuan dan lelaki dalam usia muda ataupun tua tak akan bisa menolak godaan untuk belanja di Hong Kong. Melalui ratusan destinasi belanja yang tersebar di seluruh distrik, tak heran Hong Kong dikenal sebagai pencipta tren fesyen dan pusatnya barang-barang unik. 

Misalnya, bila kita mau berburu barang-barang klasik seperti baju vintage, gaun pengantin, jam tangan sampai perkakas rumah yang antik, street markets di seluruh area terbuka untuk kita. Di belahan lain, area shopping seperti Sheung Wan, SoHo, dan Causeway Bay juga bisa dituju apabila kita mencari suasana perbelanjaan yang eksotis.

Are you a wild Backpacker?

Salah bila kita berpikir Hong Kong hanya cocok dikunjungi oleh para turis yang membawa koper besar, kaum elit, ataupun para pengusaha. Para backpacker yang gemar betualang di alam tak akan rela meninggalkan pemandangan sunrise dari Lantau Peak, puncak kedua tertinggi di Hong Kong. Apalagi kalau berada di tengah eksotisme pasir pantai di Sai Kung East Country Park, keindahan pulau Lamma, juga Hakka Village.

Di wilayah kota pun, ada tiga taman yang sangat popular yaitu Victoria Park, Hong Kong Park, dan Kowloon Park. Masing-masing taman memiliki keistimewaan tersendiri, misalnya di Kowloon Park kita bisa menikmati hangatnya cuaca dan relaksasi, atau di Victoria Park kita menjumpai dekorasi bunga dan lentera selama Mid-Autumn festival. Sedangkan di Hong Kong Park, kita akan dipandu untuk dalam aktivitas birds-watching walk. 

Selain petualangan alam, area bermain Disneyland dan Ocean Park juga selalu diminati. Dengan  berbagai permainan seru yang bisa didapatkan di tempat lain, Hong Kong sangat spektakular untuk liburan keluarga!




Heavenly appetite

Setelah puas berbelanja, lelah bermain, dan senang berpetualang, tentu mencicipi makanan tak boleh terlewatkan. Tahukah dumplings, steamed seafood ball, golden crab, dan steamed winter melon pearl with mushroom meraih penghargaan The Best Culinary tahun 2011? Sementara kentalnya kuah mie, gurihnya congee atau rice porridge, dan lezatnya hot pot serta clay pot juga ‘wajib’ dicicipi.

Sementara untuk minuman, umumnya di bulan November Hong Kong menyelenggarakan Wine & Dine Month, di mana seluruh penyedia wine dan penikmat bertemu di satu tempat. Bayangkan, mencicipi berbagai jenis wine berkualitas di satu kesempatan, bukankah rasanya seperti surga?

                Happiness completed!

Kesenangan berwisata ke Hong Kong akan terpenuhi bila transportasi dan akomodasinya memudahkan. Hong Kong pun telah memikirkanya matang untuk satu hal itu. Pasalnya, The Quality Tourism Services (QTS) yang dibawahi oleh Hong Kong Tourism Board akan menjamin kenyamanan setiap pengunjung dalam akomodasi, transportasi, sampai penganturan jadwal wisata.
Last but not least, kesimpulan saya selain menganggap Hong Kong sebagai kota dunia yang seperti surga di bumi, juga sebagai pelengkap kebahagiaan kita. Kemungkinan besar liburan ke Hong Kong dan menuliskan keindahannya secara langsung di sana adalah momen paling tak terlupakan bila suatu hari saya berkesempatan untuk merealisasikannya. Dengan begitu, saya bisa menjadi jurnalis yang menularkan kesenangan berada di Hong Kong pada banyak orang, seperti para travel enthusiasts yang berbagi ceritanya ke saya.

*Photos courtesy of Doc. discoverhongkong.com 
***

No comments: